Anda di sini
Home > Baru Tahu > 5 Gunung Tertinggi Di Dunia

5 Gunung Tertinggi Di Dunia

gunung tertinggi di dunia

Kalau ditanya mengenai gunung tertinggi di dunia, mungkin kita akan dengan mudah menjawab gunung everest. Hal tersebut memang sudah menjadi hal yang umum bagi kita. Namun jika ditanya list gunung tertinggi kedua, ketiga dan seterusnya, apakah kalian sudah mengetahuinya? Bagi anda yang masih belum mengetahui list nya berikut ini kami akan menyediakan daftar 5 gunung tertinggi di dunia yang mungkin akan menambahkan sedikit pengetahuan anda.

1 Everest

Seperti yang sudah kita ketahui atau mungkin kebanyakan orang ketahui, Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Puncaknya adalah 8.848 meter di atas permukaan laut, angka tersebut tentu saja tidak bisa dikalahkan oleh gunung mana pun di dunia ini.

Baca juga : Pemandian air soda Tarutung

Everest itu sendiri terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet. Untuk mendaki di everest diketahui sangat berat. Resiko yang dihadapi tak tanggung-tanggung adalah kehilangan nyawa. Sebab tantangan ketika mendaki gunung ini tidak hanya soal tinggi nya puncaknya saja, namun juga cuaca yang sangat dingin. Untuk yang tercatat secara resmi, pendaki Everest pertama yang sukses mencapai puncak gubung tertinggi di dunia ini adalah Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay tepatnya pada tahun 1953.

Untuk sekarang sendiri sudah cukup banyak yang berhasil mendaki everest tentu dengan pemandu dan peralatan serta pemilihan waktu mendaki yang tepat. Untuk melihat bagaimana proses pendakian gunung everest yang sangat menantang mungkin anda bisa menonton film yang mengangkat kisah tentang pendakian gunung everest , judul film nya sama dengan nama gunung tertinggi di dunia ini yaitu Everest di rilis tahun 2015.

 

2. K2

Yang masuk kedalam daftar berikutnya adalah gunung K2. Gunung K2 yang dikenal secara resmi sebagai Gunung Godwin-Austen atau Chhogori, memiliki puncak 8.611 meter di atas permukaan laut. Tepatnya lokasi nya berada di perbatasan antara China dan Pakistan. Seperti gunung-gunung lainnya yang memiliki tinggi diatas 8.000 meter, gunung ini juga sangat sulit untuk ditaklukkan. Bahkan tidak belum ada yang pernah berhasil mendaki K2 di musim dingin, berbeda dengan gunung lainnya dengan yang ada di list ini.

Sisi gunung yang berada di China dianggap sebagai sisi yang lebih sulit dan berbahaya untuk didaki, tidak heran jika para mendaki memilih sisi dari Pakistan jika ingin menuju ke puncak gunung ini. Untuk melihat bagaimana ektrimnya gunung ini mungkin bisa dilihat dari film yang berjudul vertikal limit, yang dirilis pada tahun 2.000 lalu.

 

3) Kangchenjunga

Kangchenjunga mungkin sulit untuk diucapkan, tapi gunung satu ini masuk kedalam daftar puncak gunung tertinggi yang ada di dunia. Gunung yang satu ini berada di perbatasan antara Nepal dan India, dan memiliki puncak di ketinggian 8.586 meter. Kangchenjunga adalah gunung tertinggi kedua di Himalaya, setelah everest.

Baca juga : Pulau boneka di meksiko

Namun uniknya adalah gunung ini sempat dianggap sebagai gunung tertinggi di dunia, mengalahkan everest. Hal itu bertahan setidaknya sampai sekitar tahun tahun 1852, sebelum pada akhirnya dilakukan penghitungan yang lebih akurat. Dan pada akhirnya gunung ini menempati posisi ketiga setalah everest dan K2.

Tercatat bahwa pendakian gunung pertama yang berhasil menuju puncak gunung ini adalah Joe Brown dan George Brand yang dilakukan pada tahun 1955. Mereka berdua pula yang menerapkan janji kepada raja-raja di daerah tersebut untuk tetap menjaga puncak tetap murni.Hal tersebut lah yang kemudian diikuti oleh para pendaki-pendaki berikutnya,mereka pun mengikuti janji yang sudah ditetapkan oleh pendaki pertama.

4) Lhotse

Kembalike Nepal kali ini daftar berikutnya berasal dari tetangga gunung Everest. Memiliki ketinggian 8.516 meter, gunung ini menempati posisi tertinggi keempat di dunia.Pertemuan puncak Lhotse berada di perbatasan antara wilayah Khumbu di Nepal dan Tibet.

Menurut informasi yang didapatkan, pendakian pertama yang tercatat secara resmi dilakukan pada pada tahun 1956 lalu. Ketika itu perwakilan dari negara Swiss melakukan perjalanan bisnis kesana. Mereka adalah Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger yang akhirnya tercatat sebagai pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak.

Uniknya gunung Lhotse memiliki “anak” yang dinamakan Lhotse Middle yang memiliki  ketinggian 8.410 meter dianggap sebagai puncak gunung yang paling susah didaki diantara kategori gunung diatas 8.000 meter, bahkan melebihi gunung lhotse sendiri. Hal ini disebut karena bentuk nya yang lebih sulit untuk didaki.

5) Makalu

Gunung terakhir yang masuk ke dalam daftar gunung tertinggi di dunia adalah gunung Makalu. Memiliki ketinggian 8.485 m, secara resmi merupakan gunung tertinggi kelima di dunia. Letaknya tiak jauh dari Everest, hanya sekitar 19KM di sebelah tenggara di perbatasan antara Nepal dan China, Makalu terkenal dengan bentuk unik puncaknya yang seperti berbentuk piramida.

Baca juga : Kolam renang terluas dan terbesar di dunia

Makalu pertama kali berhasil ditaklukkan oleh Lionel Terray dan Jean Couzy, yang merupakan bagian dari ekspedisi Prancis tepatnya pada tahun 1955. Makalu dipandang oleh banyak orang di komunitas pendakian gunung sebagai salah satu pendakian paling sulit di dunia. Terutama pada tahap terakhir dari pendakian, dimana harus mendaki batu dan es.

Leave a Reply

Top