Anda di sini
Home > Baru Tahu > 5 Negara Terbesar Di Dunia

5 Negara Terbesar Di Dunia

negara terbesar di dunia

Berikutnya dalam daftar 5 takbiasa.com kita akan membahas mengenai daftar 5 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah. Negara-negara yang masuk kedalam daftar adalah negara berdaulat. Negara berdaulat artinya wilayah geografis yang memiliki pemerintahan politik independen. Misalnya adalah Inggris masuk sebagai negara berdaulat namun Skotlandia tidak, karena Skotlandia sebagian diperintah oleh Parlemen Inggris. Inilah daftar 5 negara terbesar di dunia, berdasarkan data yang didapatkan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

 

1. Rusia (17.098.242 km persegi)

Rusia adalah negara terbesar di dunia. Negara dibawah pemerintahan Vladimir Putin ini terbentang di seluruh Asia utara, dan terletak sebagian di Eropa. Diperkirakan saat ini rusia memiliki populasi sekitar kurang lebih 144 juta orang, yang menjadikannya sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat kesembilan di dunia.

Sebagian besar negara besar ini terdiri dari daerah yang luas dan datar. Walaupun begitu karena memiliki wilayah yang sangat luas, jumlah gunung, danau dan sungai yang ada disana juga cukup banyak. Wilayah terbesar dari negara ini memiliki iklim yang beriklim sedang, namun bagian utara (Siberia) memiliki iklim subarctic dengan musim dingin yang sangat dingin. Pantai utara, yang sering tertutup salju sepanjang tahun, memiliki iklim Arktik.

2. Kanada (9.984.670 km persegi)

Negara berdaulat yang menjadi nomor dua dalam daftar negara terbesar di dunia adalah Kanada. Walaupun masih dibawah pengaruh dari Kerajaan Inggris yaitu Elizabeth II, namun Kanada masih dianggap sebagai negara tersendiri. Ratu memiliki kekuatan dalam situasi langka tertentu, tapi dia tidak akan bertindak melawan parlemen Kanada jika situasi seperti itu akan terjadi. Oleh karena itu kanada dianggap sebagai negara yang berdaulat.

Kanada memiliki populasi 36 juta jiwa dan memiliki tiga jenis masyarakat adat: Bangsa Pertama (“Indians”), Métis (“setengah Indian”) dan Inuits.Sebagian besar Kanada ditutupi oleh hutan jenis konifera kecuali di utara dimana ada tundra, dimana beberapa bagian ditutupi oleh salju sepanjang tahun. Iklim di sepanjang pantai yang dekat dengan Amerika Serikat sangat mirip dengan suasana Eropa utara, sementara bagian tengah Kanada memiliki perbedaan yang cukup besar antara musim panas dan musim dingin.

3. Cina (9.706.961 km persegi)

China yang juga merupakan negara dengan populasi terbesar di dunia dengan penduduk sekitar 1,4 miliar, merupakan negara terbesar ke tiga di dunia. Walaupun sudah memiliki kebijakan tentang memiliki hanya satu anak sejak 1979 , namun dianggap hanya ketat di beberapa daerah dan lebih longgar pada daerah lainnya.

Pemandangan di China sangat bervariasi dan sulit untuk dideskripsikan secara singkat. Tapi umumnya, Cina pada bagian tenggara sebagian besar tertutup daerah hutan, sementara China barat laut memiliki padang rumput, padang rumput dan padang pasir. Area hijau terang di peta adalah Tibet dan Taiwan, yang diklaim masih berada di bawah pemerintahan China.

4. Amerika Serikat (9.629.091 km persegi)

Amerika Serikat adalah pengisi daftar berikutnya negara terbesar di dunia. Negara yang merupakan bagian tengah benua Amerika Utara tersebuat memiliki populasi sekitar 324 juta orang, yang membuat negara ini menjadi penduduk terpadat ketiga di dunia setelah China dan India. Mayoritas mengidentifikasi diri mereka sebagai orang kulit putih (72%), 16% orang Hispanik atau Amerika Latin, 13% berkulit hitam dan 5% orang Asia. Sekitar 1% adalah keturunan masyarakat adat (“orang Indian”). Negara ini memiliki banyak zona iklim yang berbeda dan terdapat banyak iklim yang ekstrim. Di dalam pantai barat ada padang pasir, padang rumput dan padang rumput. Bagian timur Amerika Serikat lebih datar. Di sini, bagian selatan memiliki iklim subtropis sementara bagian utara memiliki iklim yang beriklim sedang.

5. Brasil ( 8,514,877 km persegi)

Negara terakhir yang masuk ke daftar kita adalah negara yang berasal dari benua amerika juga yaitu Brazil.  Negara yang memiliki sungai yang sangat populer yaitu sungai Amazon ini memiliki populasi sekitar 205 juta jiwa, negara dengan jumlah penduduk terpadat kelima di dunia. Brasil memiliki campuran warna kulit yang menarik, di mana 48% menggambarkan dirinya sebagai putih, 44% berwarna coklat dan 8 & nbnsp; seperti hitam. Sebagian minoritas adalah orang Asia (1,1%) dan keturunan langsung ke penduduk asli Brasil (0,4% “orang India”).

Sebanyak sekitar 70% berasal dari Eropa, sejak Brazil menjadi koloni Portugis. Hutan hujan di negara ini adalah rumah bagi sekitar 70 suku terisolasi. Hutan hujan sangat khas untuk Brasil, karena semua Brasil barat laut ditutupi oleh hutan hujan Amazon. Sisanya bangsa ini sebagian besar ditutupi oleh hutan “normal” dan semak belukar. Iklimnya tropis di sebagian besar negara, kecuali di ujung selatan yang beriklim sedang.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sendiri berada di peringkat 15 dengan luas 1,904,569 km persegi.

Leave a Reply

Top