Anda di sini
Home > Aneh > 5 Sungai Unik Bertemu Tapi Air-nya Tidak Menyatu

5 Sungai Unik Bertemu Tapi Air-nya Tidak Menyatu

sungai unik 1

Dalam artikel takbiasa ini kita akan membahas mengenai fenomena alam yang cukup aneh. Di dunia ini ternyata ada banyak sungai yang bertemu satu dengan yang lain namun airnya tidak bercampur. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik yang sangat unik dan cukup indah sekaligus aneh untuk disaksikan. Berikut telah kami rangkum 5 sungai unik yang bertemu tapi air nya tidak menyatu :

1) Sungai Unik Rio Negro dan Rio Solimoes di Manaus, Brasil

Brazil memang terkenal dengan kekayaan alamnya. Banyak yang terkenal dari alam Brazil. Salah satunya adalah Fenomena dua sungai di Manaus Brazil yang bertemu tetapi air dari kedua sungai tersebut tidak bercampur. Sungai pertama adalah sungai Rio Negro yang airnya berwarna sedikit gelap bertemu dengan sungai Rio Salimoes (salah satu anak sungai Amazon) yang memiliki warna berbeda karena membawa banyak pasir. Tidak tanggung-tanggung perbedaan warna sungai ini dapat dilihat sampai sejauh 6 km walaupun sudah mengalir di tempat yang sama. (Lihat gambar diatas)

Baca juga : 5 Gunung Tertinggi Di Dunia

2) Sungai Unik Drava dan Danube di Osijek, Kroasia

sungai unik drava dan danube

Berikutnya berasal dari daratan eropa tepat nya di kroasia. Kedua sungai ini melibatkan sungai Drava dan sungai Danube. Sungai Danube sendiri merupakan salah satu sungai terpanjang di eropa yang melewati banyak negara. Di Salah satu negara yang dilewatinya sungai ini bertemu dengan aliran sungai Drava tepatnya di kota Osijek. Uniknya walaupun kedua sungai ini sudah bertemu di dalam satu rute yang sama, air dari dua sungai unik ini tidak bercampur.

3) Sungai Unik Mosel dan Rhine di Koblenz, Jerman

sungai unik mosel dan rhine

Di urutan ketiga kami memilih sungai yang sama-sama melewati Koblenz, Jerman. Terdapat dua sungai yang bertemu tapi telihat tidak menyatu. Sungai pertama adalah sungai yang melewati beberapa negara eropa yaitu Sungai Mosel. Sungai Mosel salah satunya melewati Jerman dimana di salah satu titik bertemu dengan sungai di Jerman lainnya yaitu sungai Rhine. Kedua sungai ini bertemu tepatnya do kota  Koblenz, Jerman.

 

4) Sungai Unik Jialing dan Yangtze di Chongqing, China

Sungai Unik Jialing dan Yangtze

Berikutnya kita akan beralih ke daratan Asia dimana daftar kita berikutnya berasal dari China. China menyumbangkan pertemuan antara Sungai Jialing dan sungai Yangtze yang bertemu pada satu titik namun airnya tidak bercampur. Hal tersebut dapat terlihat jelas dikarenakan ada perbedaan yang sangat mencolok diantara dua sungai tersebut yaitu warna airnya. Sungai Jialing adalah sungai dengan warna biru yang terlihat bening sementara berbanding terbalik dengan sungai Yangtze yang memiliki warna kuning kecoklataan akibat dari polusi industri.

Baca juga : Kolam renang terluas dan terbesar di dunia

5) Sungai Unik Rhone dan Arve di Jenewa, Swiss

Sungai Unik Rhone dan Arve

Kembali ke Eropa, pertemuan sungai terakhir yang masuk kedalam list kita berasal dari Swiss. Tepatnya sungai Rhone dan Sungai Arve. Keduanya bertemu pada suatu titik, namun aliran sungai dari keduanya telihat tidak menyatu satu sama lain. Sehingga terlihat pemandangan yang sangat unik. Ternyata ada banyak sungai seperi ini ya di daratan eropa.

Leave a Reply

Top