Anda di sini
Home > Aneh > Air laut di teluk alaska bertemu tapi airnya tidak menyatu

Air laut di teluk alaska bertemu tapi airnya tidak menyatu

teluk alaska

Seorang fotografer bernama Kent Smith berhasil mengabadikan sebuah fenomena alam yang kalau dipikir-pikir dengan logika sangat aneh. Kent membagikan hasil foto nya di media sosial dimana tampak 2 air yang bertemu namun tidak bercampur tepatnya di teluk alaska. Hal  tersebut pun menjadi perbincangan yang menarik di media sosial. Karena kalau dilihat fotonya memang aneh namun tetap terlihat indah dan unik.

Baca juga : 5 Negara Terbesar Di Dunia

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Teluk Alaska itu sendiri berada diantara dua negara besar di amerika bagian utara yaitu Amerika Serikan dan juga Kanada. Lokasinya tepatnya berada di ujung Samudera Pasifik yang terbentang dari Semenanjung Alaska ke Alexander Archipelago di ujung Samudera Pasifik. Kawasan ini juga berada dimana Taman Nasional Glacier Bay dan ‘Inside Passage’ berada (Alaska Tenggara).

Para ilmuwan telah menyatakan bahwa Teluk Alaska diciptakan oleh jutaan tahun lempeng tektonik yang bergeser. Hasil pencairan gletser (air tawar) bercampur dengan lautan (air asin), telah membuat dua bagian air tersebut tidak bercampur karena perbedaan massa air. Walaupun sekilas terlihat tidak bercamput khususnya apabila dilihat secara kasat mata, namun terjadi percampuran diantara mereka, dan pada akhirnya akan bercampur. Namun proses pencampuran yang lama membuat nya terlihat seperti 2 samudera yang terpisah.

Baca juga : Gravitasi menarik benda ke bawah, kenapa asap naik ke atas?

Contoh sederhana yang bisa kita lihat sehari-hari mungkin antara minyak dan air yang memiliki massa air yang berbeda. Dapat dilihat bahwa keduanya akan sangat sulit bercampur. Tidak bersatunya dua air laut di Teluk Alaska tersebut dikarenakan perbedaan kepadatan air, suhu, dan salinitas (tingkat kadar garam) masing-masing. Air dari Samudera Pasifik seperti jenir air laut pada umumnya yang asin dan memiliki kadar garam tinggi. Sementara air Laur Bering berasal dari gletser atau es yang mencair. Sehingga terlihat bahwa keduanya sangat sulit untuk bercampur.

 

 

Leave a Reply

Top