Anda di sini
Home > Baru Tahu > Asal Usul Nama Indonesia

Asal Usul Nama Indonesia

asal usul nama indonesia

Setelah melihat judul postingan diatas apa yang muncul di pikiran anda? Tidak pernah kepikiran atau mencari tahu sebelumnya? Atau sudah pernah tahu namun sudah lupa? Apapun itu, namun golongan yang belum pernah kepikiran untuk mencari tahu asal usul nama Indonesia pasti sangat banyak. Kami akan menjelaskan kepada anda dari mana sih awal mula nama Indonesia muncul. Kenapa Indonesia? Kenapa tidak nama lain saja?

Baca juga : Terbentuk Nya Warkop DKI, Ada yang Sudah Tau ?

Zaman dulu, ada banyak sekali sebutan yang diberikan oleh orang-orang kepada negeri kita ini. Contoh nya adalah bangsa Tionghoa menyebut kawasan ini sebagai Nan-hai (“Kepulauan Laut Selatan”). Berbagai catatan kuno bangsa India menamai kepulauan ini Dwipantara (“Kepulauan Tanah Seberang”), nama yang diturunkan dari kata dalam bahasa Sanskerta dwipa (pulau) dan antara (luar, seberang). Bangsa Arab menyebut wilayah kepulauan itu sebagai Jaza’ir al-Jawi (Kepulauan Jawa). sumber : wikipedia.org

Bangsa-bangsa Eropa yang pertama kali datang beranggapan bahwa Asia hanya terdiri dari orang Arab, Persia, India, dan Tiongkok. Bagi mereka, daerah yang terbentang luas antara Persia dan Tiongkok semuanya adalah Hindia. Jazirah Asia Selatan mereka sebut “Hindia Muka” dan daratan Asia Tenggara dinamai “Hindia Belakang”, sementara kepulauan ini memperoleh nama Kepulauan Hindia (Indian Archipelago) , nama lain yang kelak juga dipakai adalah “Kepulauan Melayu”.  sumber : wikipedia.org

Cerita nama Indonesia sendiri bermula ketika saat itu sebuah majalah bernama JIAEA (Journal of The Indian Archipelago and Eastern Asia) yang mulai terbit tahun 1847 dan dikelola James Richardson Logan (Skotlandia), menerbitkan sebuah artikel yang tujuannya menyebutkan sudah saatnya Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu memiliki nama sendiri. Nama tetap yang lebih khusus dan akan mudah untuk digunakan untuk seterusnya. Artikel itu sendiri ditulis oleh George Samuel Windsor Earl (Inggris) tepatnya tahun 1850 dengan judul On the Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations.

Secara khusus dia memberikan dua pilihan yaitu Indunesia (Kepulauan Hindia), atau Malayunesia (Kepulauan Melayu). Nesia sendiri diambil dari bahasa yunani yaitu nesos yang artinya pulau. Pada awal nya Earl lebih merasa kalau Malayunesia lebih cocok karena Hindia-Belanda (Nama saat itu) ada banyak ras Melayu dan bahasa yang banyak digunakan juga bahasa Melayu.

Baca juga : Kamera pertama di dunia, benarkah yang ini?

Kemudian pada suatu saat, Logan ingin membuat artikel mengenai etnik di negara kita. Dia awalnya memakai nama Hindia Archipelago, namun dirasa perlu satu nama yang lebih cocok. Sehingga dia mengambil salah satu nama pilihan yang diberi Earl di tulisannya. Dia ternyata memilih Indunesia dan kemudian mengganti u menjadi o karena merasa Indonesia lebih enak untuk diucapkan. Sejak saat itu tulisan-tulisannya pun banyak menggunakan nama Indonesia dan kemudian banyak diikuti dan menjadi nama resmi negeri kita hingga saat ini.

Bagaimana? Sudah tahu sekarang tentang asal usul nama Indonesia?

 

Leave a Reply

Top