Anda di sini
Home > Aneh > Batu gantung dan asal mula nama parapat

Batu gantung dan asal mula nama parapat

batu gantung

Sudah pernah mendengar atau melihat langsung batu gantung di parapat? Bagi mereka yang pernah berwisata ke danau toba tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu situs unik yang ada di sekitaran danau toba tersebut. Batu gantung itu sendiri adalah sebuah batu besar yang dipercaya menggantung di salah satu tebing di danau toba. Jika diperhatikan dengan teliti bentuk batu gantung ini memiliki bentuk mirip dengan bentuk manusia, tepatnya dipercaya menyerupai bentuk tubuh seorang gadis dengan kaki yang menyatu dengan tebing.

Baca juga : Pemandian air soda Tarutung

Batu gantung ini sendiri menjadi salah satu objek yang menarik minat wisatawan yang berkunjung ke danau toba. Selain karena keunikan dan keanehannya, tersimpan juga cerita rakyat yang dipercaya sebagai asal mula nama kota Parapat. Parapat sendiri merupakan sebuah kota kecil di Sumatera Utara yang menjadi salah satu kota utama untuk destinasi wisata Danau Toba.

Ceritanya bermula ketika pada zaman dahulu kala di sebuah desa kecil di tepian Danau Toba, tinggalah sepasang suami istri yang memiliki seorang seorang putri yang sangat cantik bernama Seruni. Orangtua seruni kemudian menjodohkan seruni dengan laki-laki kaya, sementara seruni sendiri  diceritakan sudah memiliki kekasih pilihan sendiri. Tentu saja hal itu membuat dia bingung karena pada saat itu perjodohan masih hal yang lumrah. Namun dia tentu tidak ingin menyakiti kekasih nya.

Saat sedang berada di tepi danau gadis itu berpikiran untuk mengakhiri hidupnya saja. Dia ingin terjun ke Danau Toba. Namun saat berada di tepi dia juga masih bimbang karena tidak tega meninggalkan kekasihnya. Singkat cerita dia akhirnya tergelincir dan terjepit di bebatuan, karena sudah putus asa dia pun tidak memiliki keinginan untuk selamat, dan meminta bebatuan itu untuk menjepitnya semakin keras. Dia pun berteriak Parapat, Parapat batu… artinya agar batu-batu tersebut semakin merapat.

Baca juga : Perpustakaan berbentuk buku di Kansas

Anjing mirik seruni yang sedang bersamanya saat itu kemudia menggonggong keras, yang kemudian membuat orang-orang menghampiri termasuk orang tua Seruni. Namun yang terdengar dari bebatuan hanya teriakan dari Seruni yang masih meneriakkan Parapat berulang kali. Dan kemudian ada ada suara gemuruh dan guncangan kuat yang terjadi, membuat lubang akhirnya perlahan tertutup dan seruni pun terjepit bebatuan dan tidak bisa lagi diselamatkan.

Setelah guncangan besar tersebut mereda, muncullah sebuah batu besar yang menyerupai tubuh seorang gadis yang tampak menggantung di dinding tebing di tepi Danau Toba. Serangkaian peristiwa tersebut kemudian membuat masyarakat sekitar percaya bahwa batu yang menggantung tersebut merupakan seruni yang terjepit di dalam batu. Sementara teriakan parapat dari seruni pun menjadi asal mula nama kota Parapat.

 

One thought on “Batu gantung dan asal mula nama parapat

Leave a Reply

Top