Anda di sini
Home > Unik > Danau Kaco di Jambi, indah dan bening

Danau Kaco di Jambi, indah dan bening

danau kaco di jambi

Mungkin dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa danau yang satu ini merupakan danau yang sangat bening. Namun bukan hanya itu saja Danau Kaco di Jambi ini mengeluarkan cahaya yang terang di malam hari, terutama pada saat bulan purnama. Selain itu tersimpan cerita rakyat yang juga menjadi pelengkap bagi wisatawan yang sedang mengunjungi objek wisata alam yang satu ini.

Baca juga : Kolam renang terluas dan terbesar di dunia

Danau Kaco ini sendiri terlentak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Bagi anda yang baru mendengar nama daerah tersebut, desa tersebut terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. Atau datang saja ke kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan situs warisan UNESCO, mungkin akan lebih mudah bagi anda menemukannya.

Dengan luas yang mencapai 90 meter persegi dan kedalaman yang menurut kabar masih belum diketahui dengan pasti, tentu saja sudah terbayang asyik nya berenang di danau kaco yang sangat bening ini. Lokasi danau yang berada sangat jauh dari keramaian kota membuat lokasi dan danau itu sendiri masih terasa sangat alami, tentu kita berharap agar nantinya danau kaco tetap dijaga kebersihannya terutama oleh para wisatawan yang berkunjung kesan.

Sama seperti objek wisata alam lainnya yang kebanyakan mengandung cerita rakyat, danau kaco di jambi ini juga menyimpan cerita tersendiri. Dahulu kala diceritakan seorang Raja yang memiliki seorang putri yang sangat cantik. Sang putri sendiri telah banyak mendapatkan pinangan dari banyak pemuda. Bahkan banyak yang sudah langsung memberikan batu mulia kepada sang ayah sebagai tanda bahwa mereka serius untuk meminang putrinya.

Baca juga : Pulau ular di brazil

Pada akhirnya keserakahan sang ayah menghancurkan semuanya. Raja tersebut malah menodai putrinya sendiri. Entah untuk menutupi kesalahan yang telah dilakukan atau niat jahat sang ayah lainnya, sang putri pun kemudian dibenamkan ke danau beserta dengan harta pinangan yang telah banyak diberikan untuk sang putri.

Batu-batu mulia yang diberikan kepada sang ayah yang telah ditenggelamkan ke danau ini lah yang kemudian dianggap membuat danau ini kemudian memancarkan kebeningan yang sangat indah. Demikian juga dengan kemampuan mengeluarkan cahaya yang terang saat malah hari, terutama ketika Bulan Purnama. Kepercayaan tersebut memang masih dianggap sebagai mitos tetapi itulah uniknya objek wisata alam , terutama di Indonesia. Selalu menyimpan cerita yang unik yang melengkapi perjalanan wisata kita.

 

 

One thought on “Danau Kaco di Jambi, indah dan bening

Leave a Reply

Top