Anda di sini
Home > Unik > Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu

Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu

danau tiga warna

Danau unik berikut ini adalah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Danau indah ini  dikenal dengan nama danau tiga warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Baca juga : Danau Kaco di Jambi, indah dan bening

Ketiga warna danau yang menjadi gambar utama mata uang pecahan 5 ribu rupiah jaman dulu itu sendiri memiliki makna yang berbeda-beda, danau berwarna biru atau disebut ‘Tiwu Nuwa Muri Koo Fai’ konon merupakan tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

Warna kedua yaitu yang berwarna hitam atau dinamakan ‘Tiwu Ata Polo’ sesuai dengan warna hitam yang sering disandingkan dengan kegelapan, merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan.

Dan wanra terakhir yaitu hijau atau dinamakan ‘Tiwu Ata Mbupu’ merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. Setidaknya begitulah kepercayaan para masyarakat sekitar. Dan ini adalah menariknya tempat-tempat wisata di Indonesia, selalu menyimpan cerita yang sangat menarik. Menambah keindahan bagi kita yang sedang berwisata.

Penyebab adanya perbedaan warna ini tentu saja tidak hanya menarik perhatian wisatawan, tapi juga para peneliti. Ada beberapa versi yang dianggap menjadi penyebabnya seperti ada yang menganggap bahwa perubahan warna ini di sebabkan oleh aktivitas gunung berapi yang terus – menerus mengalami erupsi dan menghasilkan gas – gas dari dalam menjadi faktor utama pada perubahan warna danau. Selain itu bisa juga karena pantulan sinar matahari serta pembiasan cahaya dari dinding kawah.

Baca juga : Pemandian air soda Tarutung

Banyak yang juga percaya mungkin penyebabnya adalah karena adanya mikroorganisme yang memperngaruhi perubahan warna danau. Namun penelitian yang lebih akurat menyimpulkan bahwa warna danau yang berubah-ubah disebabkan oleh proses geokimia di dasar danau yang menghasilkan kandungan zat kimia tertentu di dalam air. Ya apapun itu danau tiga warna ini pada dasarnya memang sangat indah. Suatu karya alam yang tiada tandingannya.

Leave a Reply

Top