Anda di sini
Home > Baru Tahu > Kenapa Dinosaurus Dinosaurus Tumbuh Sangat Besar

Kenapa Dinosaurus Dinosaurus Tumbuh Sangat Besar

dinosaurus dinosaurus

Siapa yang tidak tertarik dengan fakta bahwa bumi ini pernah ditinggali oleh dinosaurus dinosaurus bertubuh sangat besar? Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa tentu tahu bahwa dinosaurus adalah mahluk yang cukup menarik untuk dibahas. Terbukti dari banyaknya penelitian mengenai dinosarus. Salah satu nya mungkin terkait ukuran tubuh rata-rata dinosaurus yang sangat besar. Lalu kenapa dinosaurus dinosaurus tumbuh sangat besar dibandingkan dengna ukuran hewan pada saat ini?

Baca juga : Pencipta Lagu Ulang Tahun, Happy Birthday To You

Tentu saja ada beberapa hewan yang memiliki ciri sama dengan mahluk zaman dinosurus dengan zaman sekarang. Namun perbedaan ukuran terlihat dengan sangat jelas. Contohnya adalah gajah zaman purba dengan gajah sekarang. Gajah zaman purba atau dikenal dengan sebutan Mammoth memiliki tinggi sekitar lima meter dan gajah yang hidup di zaman sekarang hanya memiliki tinggi kurang lebih tiga meter saja. Perbedaan yang cukup jauh bukan?

Evolusi dinosaurus dinosaurus

Jawaban yang paling sering muncul untuk pertanyaan kita tadi adalah bahwa ukuran yang sangat besar dari dinosaurus dinosaurus tersebut merupakan rangkaian rantai evolusi yang berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Bagi banyak hewan, ada tekanan selektif intrinsik yang mendukung peningkatan ukuran tubuh. Karena Anda harus berbagi alam dengan anggota spesies Anda yang lain, yang sedikit lebih besar. Hal itu tentu membuat persaingan seperti memakan daun yang lebih tinggi, menangkap mangsa yang lebih besar dan mempertahankan wilayah yang lebih luas. Yang lebih penting lagi, semakin besar dirimu, semakin aman dirimu dari predator.

Seiring waktu, tekanan selektif ini telah menyebabkan banyak garis keturunan hewan meningkat secara bertahap. Pada tahun 2009, para ilmuwan di Afrika Selatan melaporkan bukti bahwa dinosaurus menjadi lebih besar saat mereka beralih dari berjalan dengan dua kaki menjadi empat. Tapi menjadi besar juga berarti Anda membutuhkan lebih banyak makanan, tidak bisa lepas dari bencana alam dengan mudah dan bereproduksi lebih lambat.

Asupan makanan melimpah

Selain fakta tersebut ditemukan juga kemungkinan bahwa tubuh besar tersebut dimungkinkan karena asupan makanan yang melimpah pada saat itu. Tubuh mereka beradaptasi dengan asupan makanan berlebih tersebut dan kemudian tumbuh menjadi sangat besar. Temuan ini menjelaskan bagaimana kehidupan di bumi selama ada dinosaurus terlihat sangat berbeda. Jumlah perbandingan hewan besar dan kecil pada zaman purba sangat berbeda dengan masa sekarang.

Temuan lainnya adalah bahwa mamalia memiliki tulang yang secara progresif menjadi lebih bulat di bagian ujung untuk menopang berat tubuh agar tidak membebani tekanan pada tulang rangka. Saat tulang menjadi lebih lebar, tulang rawan tertarik oleh lapisan tipis dan kencang di bawah tulang. Tubuh selalu melakukan penyesuaian agar distribusi berat merata keseluruh bagian tubuh.

Baca juga : Kenapa Burung Pelatuk Tidak Pusing Saat Mematuk Pohon

Namun, tulang dari reptil dan dinosaurus tumbuh lebih lebar dan lebih rata saat hewan tersebut tumbuh membesar dengan bobot yang juga berat. Dibanding mamalia yang hanya memiliki lapisan tipis, dinosaurus mempunyai lapisan lebih banyak sehingga sendi mereka lebih licin. Hal ini mendukung bahwa evolusi ukuran badan dinosaurus dinosaurus tersebut merupakan evolusi yang sangat lama. Yang didukung oleh sumber makanan melimpah dan juga tentu saja persaingan yang sudah ada sejak zaman dulu.

Bagaimana dengan anda? teori mana yang paling cocok menurut anda? Bagaimana pun memang, sangat sulit untuk melakukan pembuktian mana teori yang benar-benar tepat. Karena hal tersebut sudah berlangsung dahulu kala.

Leave a Reply

Top