Anda di sini
Home > Baru Tahu > Peraturan Sepakbola Asal Mula Menang 3 Seri 1

Peraturan Sepakbola Asal Mula Menang 3 Seri 1

peraturan sepakbola

Peraturan sepakbola mengenai pemberian poin Tiga poin untuk kemenangan dan satu poin untuk hasil seri adalah standar yang digunakan di banyak bidang olahraga terutama olahraga grup. Perhitungan poin ini digunakan untuk menentukan peringkat tim setelah saling bertemu satu sama lain. Pemberian poin ini saat ini sudah menjadi hal yang umum dan dianggap sangat tepat dan tidak terpikirkan solusi lain yang mungkin lebih baik. Namun darimana kah awal mula ide pemberian poin dengan format tersebut tercatat sebagai peraturan sepakbola?

Baca juga : Kenapa Dinosaurus Dinosaurus Tumbuh Sangat Besar

Tercatat bahwa pada tahun 1981, Badan Liga Sepak Bola Inggris atau yang lebih dikenal dengan FA mengubah jumlah poin yang didapatkan tim yang menang dari dua menjadi tiga. Ya, sebelum perubahan yang dilakukan tersebut, poin yang didapatkan oleh tim pemenang adalah 2 dan seri mendapatkan 1. Salah satu alasan utama yang menjadi faktor untuk melakukan perubahan tersebut adalah agar tim berusaha lebih keras untuk menghindari hasil imbang yang tentu saja membosankan. Bisa dibayangkan apabila tim-tim hanya mengincar 1 poin saja, karena poin seri dan menang hanya beda 1 saja. Terutama tim yang sedang mengunjungi kandang lawan, mengincar 1 poin adalah hal yang sangat wajar, karena untuk mengusahakan menang pun “hanya” akan dihadiahi 2 poin.

Tiga poin untuk sang pemenang seharusnya mendorong permainan yang lebih menyerang daripada dua poin untuk pemenang. Dengan logika dan pertimbangan bahwa tim-tim yang bertanding tidak akan puas bermain imbang jika ada kemungkinan mendapatkan dua poin tambahan. Alasan lainnya mengubah peraturan tersebut adalah bahwa hal itu dapat mencegah “kerjasama” antar tim yang hanya mengincar hasil imbang untuk maju di turnamen atau menghindari degradasi.

Baca juga : Suka mendengarkan musik di radio, ini dia sang penemu radio !!!

Pada awalnya peraturan sepakbola tentang pemberian poin baru ini memang banyak pro dan kontra , seorang komentator pernah menyatakan bahwa hal itu telah menghasilkan lebih banyak permainan yang positif dan lebih menyerang. Namun, komentar dari yang kontra menganggap tim yang sudah memiliki keunggulan satu gol, akan berusaha hanya mengamankan keunggulan satu gol itu saja sehingga pertandingan menjadi lebih negatif untuk mempertahankan keunggulan.

Penggagas peraturan sepakbola menang 3
Penggagas peraturan sepakbola menang 3

Adalah Jimmy Hill seorang pegiat sepakbola di ranah Inggris yang mengusulkan perubahan sistem pemberian poin ni di peraturan sepakbola. Pada awalnya diperkenalkan di Inggris pada tahun 1981, namun karena merupakan hal baru, tidak banyak berguna di tempat lain. Sampai pada akhirnya peraturan itu digunakan di final Piala Dunia 1994. Pada tahun 1995, FIFA secara resmi mengadopsi sistem ini, dan kemudian menjadi standar dalam turnamen internasional.

Leave a Reply

Top