Anda di sini
Home > Aneh > Pulau Monyet Cayo Santiago, Puerto Riko

Pulau Monyet Cayo Santiago, Puerto Riko

pulau monyet cayo santiago

Cayo Santiago adalah sebuah pulau kecil sekitar setengah mil dari pantai tenggara Puerto Riko. Berbentuk seperti terbalik huruf L, pulau ini hanya sekitar 140.000 meter persegi di daerah tersebut dan tidak ditinggali oleh manusia sama sekali. Penghuni pulau ini adalah sekawanan monyet yang membuat pulau ini mendapat sebutan pulau monyet. Pulau monyet Cayo Santiago ini pun kemudian menarik perhatian para peneliti yang kemudian berdatangan dengan membawa makanan.

Baca juga : Air laut di teluk alaska bertemu tapi airnya tidak menyatu

Monyet-monyet di pulai ini sendiri masuk ketika pada tahun 1938, sebuah tim peneliti memindahkan 409 monyet Rhesus dari India, dengan harapan bisa membangun padang gurun untuk mereka sehingga ilmuwan Barat dapat mempelajari monyet tersebut dalam sesuatu yang mirip dengan habitat aslinya. Hampir tujuh puluh lima tahun kemudian, percobaan berlanjut, dan dianggap telah berhasil. Hasilnya bervariasi, namun saat ini ada sekitar 1000 an  monyet yang menghuni pulau tersebut.

Tiap harinya para peneliti yang berasal dari Puerto Riko ramai mengunjungi pulau itu, mengamati dan berinteraksi dengan tentara primata dengan harapan bisa mengumpulkan data dan mengumpulkan wawasan tentang kehidupan para monyet. Terutama bagaimana mereka berinteraksi dan apa yang membedakan dengan manusia. Lokasi pulau ini dianggap sebagai salah satu tempat penelitian terbaik mengenai monyet.

Salah satu hasil penelitian penting yang didapatkan adalah kesenjangan kognitif antara monyet dengan manusia yang menyebabkan Pulau Monyet Cayo Santiago tertutup bagi wisatawan. Monyet bisa kejam, bahkan kurang memperhatikan hal yang paling mendasar bagi pengunjung manusia. Bahkan para periset perlu berhati-hati saat berkunjung, makan siang mereka di area tertutup rantai pagar untuk mencegah hewan mencuri makanan.

Baca juga : Kamera pertama di dunia, benarkah yang ini?

Salah satu kekhawatiran para peneliti adalah keselamatan para monyet sendiri. Dimana badai yang menyerang pulau ini bisa mengancam para monyet salah satu yang paling parah adalah badai Maria. Terutama karena pulau ini tidak terlalu luas, sehingga tidak ada tempat lain yang bisa digunakan oleh para monyet sebagai tempat berlindung saat badai datang.

Leave a Reply

Top